I'm here

Nama:Rizka Dirrasty
Npm:12109624
Kelas: 4 Ka 17





Sabtu, 12 Januari 2013

Ini Dia Tablet Android "Rp 1,4 Juta" dari Acer

Kompas - Acer resmi memperkenalkan Iconia B1-A71, produk tablet Android dengan harga relatif terjangkau, pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2013 yang sedang berlangsung di Las Vegas, dari 8 hingga 11 Januari 2013.

Perangkat tablet ini sempat mencuri perhatian di dunia maya beberapa waktu lalu. Pada saat itu, Iconia B1-A71 diberitakan akan dibanderol dengan harga yang sama dengan Google Nexus 7, yaitu di angka 99 dollar AS atau sekitar Rp 900.000.

Sayangnya, rumor tersebut sedikit meleset. Ternyata produk ini akan hadir dengan banderol harga sedikit lebih tinggi, yaitu 150 dollar AS atau sekitar Rp 1,46 juta. Walaupun begitu, harga ini masih dinilai cukup terjangkau, mengingat spesifikasi yang mendukungnya cukup bertenaga.

Dikutip dari Talk Android, Rabu (9/1/2013), Iconia B1-A71 akan dipersenjatai dengan prosesor 1,2 GHz dual-core dari Mediatek, RAM 512 MB, dan media penyimpanan berkapasitas 8 GB yang dapat ditingkatkan dengan menggunakan kartu microSD hingga 32 GB.

Selain itu, produk ini akan menggunakan layar 7 inci WSVGA dengan resolusi 1024 x 600, kamera depan 0,3 megapiksel, dan baterai berkapasitas 2.710 mAh. Perangkat ini menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean.

Hingga saat ini, masih belum ada konfirmasi dari pihak Acer apakah perangkat tersebut akan hadir di Indonesia atau tidak.
engadget
engadget





Rumor iPhone Murah Santer, Apa Kata Apple?


rumor mengenai smartphone Apple, iPhone, versi murah berembus kencang dalam beberapa hari ini. Salah satu yang terbaru menyebutkan, telepon seluler low-end dari perusahaan raksasa mobile ini akan dijual dengan harga kurang dari Rp 1,5 juta.

Perwakilan Apple akhirnya angkat bicara. Melalui wawancara dengan media asal China, Shanghai Evening News, Phil Schiller, Senior Vice President Apple, membantah rumor terkait iPhone versi murah.

"Meskipun smartphone dengan harga murah memang populer, ini tidak akan pernah menjadi masa depan produk Apple. Faktanya, walaupun market share Apple di pasaran smartphone baru mencapai 20 persen, kami memiliki 75 persen keuntungan," ucap Schiller, seperti dikutip dari 9to5mac, Jumat (11/1/2013).

Schiller mengakui, market share bukanlah sebuah hal yang terlalu dipikirkan Apple. Oleh karena itu, Apple memilih untuk tidak mengembangkan smartphone murah yang memang terkenal laku di pasar negara berkembang.

"Kami tidak seperti perusahaan lain, meluncurkan berbagai produk dalam satu waktu kemudian berharap produknya akan mendapatkan konsumen. Kompetitor meluncurkan berbagai produk baru dengan berbagai dimensi, tetapi setelah pembelian akan menemukan software dan user experience yang tidak cocok," kata Schiller.

Seperti diberitakan, sumber yang dikutip dalam laporan Bloomberg, Apple berencana membuat versi iPhone yang berukuran lebih kecil dan dihargai lebih murah untuk merengkuh pasar di negara berkembang. Sumber bersangkutan juga menyebut bahwa iPhone murah ini akan memasuki pasar pada akhir 2013.

Facebook dan Twitter Dilarang, 5 Jejaring Sosial Lokal Berjaya


Situs-situs jejaring sosial China berhasil menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Selain karena pemerintahnya yang melarang penggunaan jejaring sosial asing, hal ini disebabkan karena jejaring sosial lokal memiliki keunggulan yang memahami kebutuhan masyarakat China.

Meskipun harus diakui, tak sedikit masyarakat China yang "mengakali" koneksi internetnya agar tetap bisa menggunakan Facebook dan Twitter.

Dari 513 juta pengguna internet di China, lebih dari setengahnya mengakses jejaring sosial lokal yang terus mengalami pertumbuhan. Ada 5 situs jejaring sosial, yang bagi masyarakat lokal, tak kalah populer dengan Facebook dan Twitter.

1. Sina Weibo

Jejaring sosial macam apakah Sina Weibo? Untuk mempermudah, ini adalah jejaring sosial yang berbasis aliran informasi seperti Twitter. Sina Weibo menjadi pemimpin di ranah media sosial, dan menjadi platform penting bagi 22% populasi pengguna internet di China. Penggunanya dua kali lebih banyak ketimbang pengguna Twitter di China.

Sina Weibo kerap digunakan untuk melontarkan wacana sosial dan aktivitas pemasaran. Para selebriti China pun menggunakannya untuk berkomunikasi dengan penggemar.

Hebatnya Sina Weibo, ia memungkinkan pengguna untuk memasukkan gambar dan video, sesuatu yang saat ini mulai dikembangkan oleh Twitter.

2. Renren

Dibangun pada 2005 dengan nama Xiaonei, dan diperuntukkan kepada para mahasiswa. Xiaonei kemudian berubah nama pada 2009 menjadi Renren.

Renren sering disebut Facebook versi China, yang kini tak hanya digunakan oleh kalangan mahasiswa. Dengan 147 juta pengguna terdaftar dan 31 juta pengguna aktif per bulan, Renren siap menjadi jejaring sosial penduduk berpendidikan tinggi di China.

3. Tencent

Tencent dianggap sebagai platform untuk massa dan pada dasarnya dibangun untuk layanan Instant Messaging QQ. Dengan akun QQ, pengguna mendapat akses untuk semua layanan Tencent. Sifatnya seperti pusat media sosial.

Jejaring sosial milik Tencent yang bernama Pengyou, memiliki jumlah pengguna yang lebih rendah jika dibandingkan dengan pengguna aktif Weibo dan Renren. Namun, karena Tencent memilliki beberapa platform, sampai saat ini ia masih mempertahankan status komunitas terbesar di China dalam hal pengguna terdaftar belaka.

4. Douban

Douban merupakan forum populer di kalangan intelektual yang khusus mengulas buku, musik, dan film. Ada 80 juta pengguna terdaftar dan 60 juta pengguna aktif per bulan.

Sebuah riset mengatakan, pengguna Douban mengakses sekitar 80% konten di situs tersebut.

Selain Douban, ada dua situs forum lain yang sedang tumbuh dan terbilang pendatang baru. Yang pertama adalah Diandian, yang dikenal sebagai Tumblr versi China. Didirikan pada 2010, kini Diandian telah memiliki 5 juta pengguna terdaftar. Yang kedua adalah P1.cn, yang telah memiliki 2,7 juta pengguna.

5. WeChat

WeChat sebelumnya dikenal dengan Weixin, sebuah aplikasi teks dan suara dengan fitur sosial yang berjalan di perangkat mobile. Mereka memanfaatkan penetrasi pengguna perangkat mobile di China, yang 69% penduduknya mengakses internet dengan perangkat mobile. WeChat kini berjalan di perangkat bersistem operasi iOS dan Android.

Wechat terus menambahkan fitur jejaring sosial di produknya, termasuk berbagi foto dan fitur menemukan teman. Saat ini Wechat digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna.

Mereka pun memperkaya produk dengan mengembangkan layanan Jiepang, sebuah aplikasi mirip Foursquare. Ada pula aplikasi untuk orang pacaran bernama Momo. Keduanya mendapat sambutan yang cukup dari para penggunanya.

Perlu diketahui, situs jejaring sosial di China haruslah mematuhi peraturan pemerintah tentang larangan mempublikasi konten yang dianggap meresahkan dan mengganggu stabilitas nasional.

sumber : http://tekno.kompas.com/read/2012/07/04/07492298/facebook.dan.twitter.dilarang.5.jejaring.soshttp://tekno.kompas.com/read/2012/07/04/07492298/facebook.dan.twitter.dilarang.5.jejaring.sosial.lokal.berjayaial.lokal.berjaya

Jepang Enggak Doyan Social Media, lho?!

japan 300x199 Jepang Enggak Doyan Social Media, lho?!

Hal yang unik terjadi di Jepang, seperti yang dilansir oleh detiknet.com (http://www.detikinet.com/read/2010/11/24/155519/1501465/398/facebook-dan-twitter-tak-laku-di-jepang/?i991101105), bahwa Facebook dan Twitter yang booming di Indonesia tidak mendapat tanggapan yang bagus di Jepang. Menurut survei yang dilakukan oleh TNS, sebuah perusahaan riset, orang Jepang lebih suka berteman dengan orang-orang yang dikenalnya ketimbang mengenal orang baru. Rata-rata orang Jepang hanya memiliki 29 orang dalam daftar pertemananya di Facebook maupun Twitter.
Fenomena yang unik karena Facebook dan Twitter adalah tren baru dalam perilaku manusia. Namun, menurut beberapa orang, privasi adalah hal yang sangat dijaga oleh orang Jepang. Sebab itu, social media bukanlah pilihan mereka yang utama. Lucunya, Jepang termasuk negara 3 besar pengguna internet di dunia, namun tidak untuk social media ternyata.
Bagaiamanpun, social media sangat bergantung pada kultur masing-masing negara atau bangsa. Market yang semakin horisontal yang dibentuk karena web 2.0 dan juga new wave market yang sedang berkembang saat ini, tentu akan mengubah kultur tersebut. Tetapi, apakah hal tersebut juga akan terjadi di Jepang dalam waktu dekat?
Saat ini, social media memang media yang powerful dalam new wave marketing. Social media membuat orang selalu connect, karena kebutuhan sosialnya walaupun di dunia internet. Dan, social media membuat communitization terbentuk dengan mudahnya. Tetapi, bagaimana dengan Jepang?
Jepang memang adalah macan Asia yang sangat powerful terutama dalam inovasi produk-produknya. Simak saja Sony, Toshiba, Hitachi, JVC, Toyota, Daihatsu, semua adalah Brand-brand Jepang yang merajai pasar saat ini. Namun, hasil survey TNS seperti berkata lain karena kultur orang Jepang ‘jarang connect’ melalui social media.
Kemudian, apa yang bakal terjadi ke depan? Apakah brand dari Jepang akan terus melaju dengan Marketing 3.0, namun value dan kultur orang Jepang tetap saja tertutup dan cenderung tidak membuka diri melalui social media
 

Teknologi Social Media Hari Ini Dan Esok


Boleh dikatakan hampir setiap hari saya mereview situs social media baru melalui web atau aplikasi di mobile. Beberapa dari situs social media baru tersebut sebagian besar walau tidak semua adalah kloningan dari situs social media yang kini sedang naik daun. Sebut saja Pinterest, yang kini sudah ditiru oleh banyak situs karena keunikan dari sisi interface-nya terlihat seperti mading versi online. Kemudian Instagram yang ditiru karena fitur instant photoshop yang memungkinkan penggunanya untuk memfilter foto yang baru kita ambil secara instan.
Inovasi teknologi memang memicu perubahan trend dan semangat dari pengguna internet kita. Walau begitu, perlu disadari bahwa yang membuat komunikasi melalui medium digital kian menarik adalah seberapa besar kualitas dan jumlah individu yang aktif berpartisipasi di dunia digital. Karena sekali lagi saya katakan bahwa social media adalah bukan soal teknologi tetapi lebih kepada manusia itu sendiri. Seberapa jauh ia paham menggunakan teknologi tersebut dan seberapa jauh teknologi tersebut memberikan manfaat lebih ke dalam hidupnya. Saya menyaksikan betul perkembangan teknologi social media dari era Friendster hingga sekarang yang sedang terkenal adalah Airtime. Sebagai seseorang yang berlatar belakang non-teknik, saya jujur kerap menemui kesulitan untuk beradaptasi dengan jenis-jenis social media yang begitu banyak dan tidak ada habisnya. Dengan alasan itu juga, saya lebih menekankan kepada mahasiswa dan mahasiswi saya di kelas untuk bagaimana mereka paham betul sejauh apa teknologi social media dan bagaimana menggunakanya secara maksimal.
Seperti itu lah perkembangan teknologi di internet dimana kita harus dengan tangkas mengikutinya agar kita tidak tertinggal. Untuk itu saya ingin mengajak para pembaca untuk mencermati beberapa trend teknologi social media yang kini sudah ramai dibicarakan oleh banyak orang di seluruh dunia, berikut ulasannya:
1. SoLoMo (Social, Location, and Mobile)
Ide awal sebuah situs jejaring sosial seperti Facebook adalah menghubungkan orang-orang yang kita kenal di kehidupan nyata melalui dunia maya (social graph). Kemudian ide tersebut tidak lah cukup karena, social media tidak hanya berkutat seputar berteman dengan orang yang kita kenal tetapi juga berteman dengan orang-orang yang memiliki kesamaan hobi dengan kita contohnya Twitter (interest graph). Tidak berhenti disitu, kemudian muncul lah geosocial networking seperti Foursquare yang memberikan data lokasi kita (location graph). Kemudian ketiga hal tersebut didukung penuh oleh kecanggihan teknologi mobile saat ini yang hampir semua perangkat mobile saat ini sudah terintegrasi dengan GPS. Contoh situs social media yang memanfaatkan teknologi adalah Google Latitude, Foursquare, Banjo, Badoo, Sonar dan yang lainnya. Platform SoLoMo memberikan motivasi kita untuk lebih mengenal kehidupan sosial yang terjadi di sekitar rumah kita atau di lokasi yang sedang kita tempati.
2. Gamification
Saya sudah pernah mengulas Gamification di blog Virtual beberapa bulan lalu. Berdasarkan pengamatan saya, teknik gamification kini telah diadopsi lebih banyak dari yang saya bayangkan. Mungkin karena sekarang eranya Big Data dimana segalanya bisa terukur oleh angka dan data tersedia begitu banyak dimana-mana. Sebagai penggemar video game sejak kecil, saya selalu yakin bahwa seharusnya game bukanlah sebuah aktifitas tanpa makna atau dengan kata lain hanya untuk buang-buang waktu atau “killing time” semata. Saya sendiri menggunakan teknik gamification ke dalam hidup pribadi saya untuk pengembangan pribadi dan kehidupan karir saya.
3. Augmented Reality
Apabila anda selalu update dengan berita teknologi media saat ini, pasti anda akan menemukan bahwa gadget yang kini sedang hot dibicarakan oleh para pencinta gadget di dunia adalah Google Glass. Sebuah kacamata yang memampukan penggunanya menggunakan fitur augmented reality untuk mendapatkan informasi terhadap apa saja yang ia lihat. Kacamata tersebut juga bisa berfungsi sebagai kamera, perekam video, music player dan banyak fungsi lainnya. Google Glass merupakan project yang diprediksikan baru bisa digunakan oleh pasar di tahun 2014. Nah, sambil menunggu teknologi AR ramai digunakan di pasar, anda bisa coba teknologi yang hampir mirip dengan Google Glass melalui aplikasi Wikitude. Aplikasi tersebut bisa diunduh melalui hampir semua operating system yang ada perangkat mobile saat ini.
4. Alternate Reality
Alternate Reality sebenarnya bisa dibilang lebih kepada teknik storytelling dibanding teknologi walau begitu teknologi juga menjadi bagian penting dari teknik ini. Video game dengan console terkini seperti Xbox 360 dan PS3 menjadikan fitur Interactive Narrative sebagai penekanan terhadap cerita dari sebuah game. Pemain bisa menentukan nasib atau jalan cerita dari sebuah game berdasarkan dari keputusan yang dilakukan di setiap scene yang dilaluinya. Teknik alternate reality juga sudah diterapkan melalui platform YouTube oleh beberapa brand di luar negeri.
5. Social TV
TV selalu menjadi kekuatan utama dari media tradisional. Akan tetapi kemudian datanglah internet dan social media yang setelah itu diprediksikan oleh banyak orang akan menggeser dominasi dari TV. Dilihat dari konteks Indonesia dimana konsumsi media terbesar oleh rakyat kita masih pada TV, maka kita belum bisa mengatakan social media telah mengalahkan TV atau mungkin tidak harus mengatakan siapa yang dominan. Hal tersebut pula yang melahirkan ide tentang social TV dimana kekuatan dari TV yang mass reach digabungkan dengan high engagement level yang dimampukan oleh social media. Sudah banyak situs yang mendukung social TV seperti GetGlue dan banyak lagi aplikasi-aplikasi pendukung di tablet dan smartphone. Social TV juga didukung oleh perilaku orang ketika menonton TV yang tidak hanya melihat kepada layar televise saja tetapi juga bisa sambil melihat layar laptop, tablet atau smartphone. Kemudian lahir lah istilah Second-Screen Experience dimana konten di layar televisi akan disinkronkan dengan layar laptop, tablet, atau smartphone

Para Juragan Teknologi Awal Tahun Ini Makin Kaya

Bill Gates berbicara di Forum Ekonomi Dunia 2012 di Davos, Swiss

Meningkatnya perkembangan teknologi di dunia membawa para pengusaha teknologi semakin kaya. Berdasarkan nilai aset mereka yang dihimpun pada 2012, kekayaan para orang penting di perusahaan teknologi dunia kini mengalami kenaikan, meski beberapa dari mereka sering memberikan donasi hingga ratusan juga dollar AS untuk kepentingan amal.

Dilansir dari laman Cnet, Index Billionaires yang dikeluarkan Bloomberg mencatat kekayaan chairman Microsoft, Bill Gates, naik 1,1 persen pada tahun 2012. Total kekayaan Gates mencapai US$ 63,1 milliar. Padahal pendiri Microsoft ini gemar menyumbangkan uangnya untuk kepentingan amal.

Dengan jumlah kekayaan tersebut, ia menjadi orang terkaya dalam kategori pengusaha teknologi. Dalam daftar orang terkaya di dunia versi Index Billionaires Bloomberg, Gates masih di bawah orang terkaya di dunia ditempati, Carlos Slim Helú, pemimpin utama dan CEO perusahaan telekomunikasi Teléfonos de México dan América Móvil, dengan kekayaan US$ 76,9 milliar.

Kekayaan taipan teknologi lain seperti CEO Oracle, Larry Ellison, juga naik 3,6 persen pada tahun lalu. Hartanya mencapai US$ 40,7 milliar. Kekayaan Ellison sebagian besar berasal dari saham 23,5 persen di Oracle. Meski ia juga memiliki saham 49 persen dari perusahaan perangkat lunak, Netsuite.

CEO Amazon, Jeff Bezos, menempati urutan ke 20 orang terkaya dunia dengan kekayaan bersih sebesar US$ 24,1 milliar, ia mendapatkan keuntungan 2,4 persen dari tahun lalu.

Pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, secara berurutan menempati peringkat 25 dan 26, dengan jumlah kekayaan masing-masing US$ 21,8 miliar dan US$ 21,6 milliar. Kekayaan keduanya naik 1,9 persen dari tahun lalu.

Taipan teknologi asal Asia juga tak ketinggalan. Azim Premji, pemilik perusahaan teknologi informasi India, Wipro juga termasuk kategori orang yang semakin kaya. Total hartanya mencapai US$ 15,8 miliar.
Pendiri Microsoft lainnya, Paul Allen, juga nangkring dalam daftar orang yang semakin kaya, dengan nilai kekayaan US$ 14,4 milliar. Sementara CEO Microsoft Steve Ballmer mempunyai kekayaan US$ 14,2 milliar, disusul CEO Dell, Michael Dell dengan kekayaan US$ 13,3 milliar.

Pundi-pundi kekayaan pembesut Facebook, Mark Zuckerberg juga semakin bertambah, yang naik 5,1 persen dari tahun lalu menjadi US$ 12,9 milliar. Padahal kinerja saham Facebook pasca go public tercatat melemah.

Iran Bikin Aplikasi Pengawas Jejaring Sosial



Pemerintah Iran sedang mengembangkan perangkat lunak (software) cerdas yang akan mengendalikan warganya dalam mengakses situs web jejaring sosial yang dilarang di negara itu. Belum diketahui nama resmi perangkat lunak tersebut.

"Perangkat lunak cerdas yang mengontrol penggunaan jejaring sosial ini akan menghindari warga dari kerugian, tetapi juga memungkinkan warga untuk mendapat keuntungan dari manfaat jejaring sosial," kata Kepala Kepolisian Iran Esmaeil Ahmadi Moghadam, seperti dikuti dari AFP.

Menurutnya, keberadaan perangkat lunak pengontrol ini lebih baik ketimbang pemblokiran sepenuhnya untuk layanan jejaring sosial.

Seperti diketahui, pemerintah Iran memblokir situs jejaring sosial macam Facebook dan Twitter. Mereka menyebut konten di jejaring sosial tersebut "tidak pantas".

Pada September 2012 lalu, Iran memblokir layanan mesin pencari Google dan situs berbagi video YouTube. Pemerintah lantas membuat situs sejenis YouTube, yang diberi nama Mehr. Dalam bahasa Persia, Mehr berarti "kasih sayang." Situs ini punya misi mempromosikan budaya dan kesenian Islam. Pengguna dipersilakan mengunggah video untuk memperkaya konten di Mehr.

Sepanjang 2012, pemerintah Iran beberapa kali memotong akses ke internet global. Layanan surat elektronik (email) juga mulai dibatasi, seperti Yahoo, GMail, dan sebagainya. Warga dihimbau pakai layanan surat elektronik buatan lokal, Iran Mail.

Langkah pemerintah mengundang banyak protes warga yang tak ingin terisolasi dari internet global. Warga mengakali pemblokiran ini menggunakan perangkat lunak virtual private network (VPN). Hal ini membuat komputer warga Iran seakan berada di negara lain.

Kantor berita Reuters sempat mengabarkan pada September lalu, bahwa pemerintah juga sedang menyiapkan layanan intranet nasional, karena internet dianggap mengekspresikan pandangan antipemerintah. Tetapi, belum ada kejelasan apakah akses internet global akan terhenti sepenuhnya setelah internet dalam negeri Iran diluncurkan.

sumber : http://tekno.kompas.com/read/xml/2013/01/08/13465741/Iran.Bikin.Aplikasi.Pengawas.Jejaring.Sosial

10 Artikel Paling Banyak Dibaca di Wikipedia Indonesia

Pihak Wikipedia memang tidak pernah secara resmi melansir data artikel yang paling sering dilihat. Namun, Wikipedia memberikan izin untuk mengakses data log files situs ensiklopedia tersebut.

Melalui log files ini, para peneliti dapat melihat berbagai data mengenai aktivitas pengguna Wikipedia, seperti seberapa banyak sebuah artikel diakses oleh pengguna.

Nah, berdasarkan log files tersebut, seorang pemrogram asal Swedia, Johan Gunnarsson, telah berbaik hati membuatkan daftar 100 artikel yang paling laris dibaca di tahun 2012 ini.

Gunnarsson membagi daftar tersebut berdasarkan dukungan bahasa yang tersedia di Wikipedia, seperti Inggris, Rusia, Vietnam, Turki, Italia, hingga Indonesia.

Artikel apa yang paling banyak dilihat di Wikipedia di Indonesia? Jejaring sosial Facebook ada di posisi pertama dengan jumlah pengakses sebanyak 1,3 juta, diikuti dengan "Indonesia" dengan jumlah 1,07 juta, dan YouTube dengan angka 1 juta.

Dikutip dari AllThingsD, Sabtu (29/12/2012), ada dua kemungkinan mengapa Facebook banyak diakses. Pertama, banyak orang yang "tersesat" ke Wikipedia. Pengguna tersebut diyakini mengetik kata "Facebook" di mesin pencari, kemudian artikel Facebook yang ada di hasil pencarian tersebut diduga sebagai situs asli.

Kemungkinan kedua, memang banyak orang yang tertarik dengan sejarah Facebook, seperti peraturan perusahaan tersebut, siapa pendirinya, dan sebagainya.

Kemungkinan besar, hal ini juga yang membuat YouTube ada di peringkat ketiga daftar tersebut.
Berikut daftar 10 artikel (beserta tautan artikelnya) yang paling banyak dilihat di Wikipedia pada tahun 2012 ini.
1. Facebook (Jumlah pembaca: 1.385.687)
2. Indonesia (Jumlah pembaca: 1.075.781)
3. YouTube  (Jumlah pembaca: 1.004.513)
4. Sepak Bola (Jumlah pembaca: 627.080)
5. Bola Voli (Jumlah pembaca: 622.023)
6. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (Jumlah pembaca: 561.052)
7. Bola Basket (Jumlah pembaca: 531.309)
8. Sejarah Indonesia (Jumlah pembaca: 518.391)
9. Budaya (Jumlah pembaca: 515.960)
10. Soekarno (Jumlah pembaca: 506.893)

sumber : http://tekno.kompas.com/read/2012/12/28/18354787/10.Artikel.Paling.Banyak.Dibaca.di.Wikipedia.Indonesia

Unggah Foto di Facebook Menyebabkan Tindak Kejahatan

Pamer Foto di Facebook, Malah Dirampok

Saat ini Facebook seringkali digunakan untuk saling berbagi pengalaman baru, yang dapat disalurkan dalam bentuk foto, karena memang itu salah satu kegunaannya. Kita tinggal mengunggah foto pengalaman yang saja kita alami, dan teman-teman akan melihat juga mengomentarinya.
Tapi ingat, jangan sekali-kali anda mengunggah foto yang memamerkan barang mewah yang anda miliki. Karena hal tersebut akan mengundang kejahatan yang akan membuat kita rugi sendiri.
Seperti yang terjadi kepada remaja putri asal Australia ini. Dia telah mengunggah foto yang bergambar dirinya beserta sang nenek yang sedang menghitung banyak uang tunai. Akibatnya, kediaman remaja putri ini didatangi oleh dua orang lelaki yang tidak dikenal, bersenjatakan kayu dan pisau memasuki rumahnya.
Mereka meminta sejumlah uang yang ada didalam foto tersebut. Tapi karena remaja putri tersebut sudah lama tidak tinggal dirumahnya, dua pencuri itu malah mengambil uang milik sang ibu yang saat itu sedang berada dirumah. Dan kedua pencuri tersebut juga mengambil barang berharga lain yang ada dirumahnya.
Kejadian tersebut membuat pihak kepolisian setempat menghimbau untuk berhati-hati dalam mengumbar informasi di jejaring sosial.
(sumber : internasional.kompas.com)

Friendster Dengan Nuansa Game

Friendster Dengan Nuansa Game

Sebelum Facebook dan Twitter setenar sekarang ini,para pengguna internet tentunya asyik bergaul di Friendster. Tapi sayangnya media jejaring sosial yang pernah booming di awal tahun 2000an ini tenggelam begitu saja seiring dengan hadirnya MySpace, Facebook, dan Twitter.
Friendster yang dibuat dari tangan seorang progammer komputer bernama Jonathan Abrams pada 2002 mengalami penurunan penggemar setelah munculnya media sosial sejenis seperti Facebook, Twitter, ataupun MySpace. Setelah dibeli sahamnya oleh MOL Global dari Malaysia,maka platformnya berubah menjadi social gaming pada bulan June 2011, pengguna internet yang bergabung mencapai sekitar 115 juta.
Beroperasi di tiga negara yaitu,Malaysia,Filipina,dan Singapura, kini Friendster siap bersaing di jagat dunia maya dengan media sosial lainnya. Sudah tersedia ratusan game gratis yang bisa dimainkan.Dan sekitar 40 game tersedia dengan sistem berbayar untuk penggunanya.
Jadi,bagi yang suka nge-game sembari bergaul di internet bisa coba di http://www.friendster.com/ .Friendster sendiri tersedia dalam berbagai bahasa yaitu English,Tagalog, Malay, Vietnamese,Thai, Indonesian,Traditional Chinese, Simplified Chinese, Korean, Japanese, dan Spanish.
(berbagai sumber)

Socl, Jejaring Sosial Buatan Microsoft

Socl, Jejaring Sosial Buatan Microsoft

Tampaknya pesaing Facebook makin bertambah. Setelah Twitter, kini giliran Socl atau sebut saja Social besutan Microsoft, baru saja diluncurkan, Minggu (25/5/2012) kemarin. Anda dapat menggunakan Socl dengan menunjungi situsnya, www.so.cl
Microsoft juga menggandeng Bing untuk pencarian apapun yang anda ingin temukan disini. Tampilannya tampak seperti tampilan pada Facebook, tapi disini Socl menambahkan beberapa fitur baru yang akan memanjakan penggunanya.
Salah satu fitur tersebut adalah fitur Video Parties, yang berfungsi untuk mencari, mengumpulkan, serta menonton video secara bersama-sama dengan pengguna lainnya.
Selain itu, pengguna juga bisa memposting dan membagikan konten menarik, juga membagi situs web seperti halnya pada Facebook. Di Socl juga ditambahkan fitur Riff, yang dapat digunakan untuk berinteraksi juga mengimprovisasikan konten dari pengguna lainnya.
Untuk dapat login ke Socl, anda bisa menggunakan akun Facebook atau akun Windows Live. Dan juga anda harus berusia 18 tahun, serta menyetujui syarat juga ketentuan yang berlaku dijejaring sosial ini. Setelah berhasil login, akan muncul permintaan izin untuk login secara otomatis ke Socl. Setelah sukses login, pengguna bisa membaca berbagai topik yang ada disana, dan juga bisa mengundang teman untuk bergabung dijejaring sosial ini.
(sumber : tekno.kompas.com)

User di China Dilarang Memakai Nama Samaran

User di China Dilarang Memakai Nama Samaran

Kalau biasanya di social media seperti twitter dan facebook, user suka memakai nama samaran atau memodifikasi namanya yang kadang-kadang rada alay. Tapi kalau di Cina,gonta-ganti nama akun pribadi sangat dilarang oleh pemerintahnya.Semua user yang ada disana wajib memakai nama asli mereka yang sesuai dengan kartu identitas.
Aturan wajib memakai nama asli buat seluruh user social media di China baru saja dikeluarkan oleh pemerintahnya dengan alasan demi keamanan negara. Artinya pemerintah bisa menyensor setiap wall status yang isinya berbau kritikan khususnya buat pemerintah sendiri.
Memang Pemerintah China sangat ketat mengawasi aktifitas berbagai social media yang ada agar jangan sampai terbentuk opini publik untuk mengkritik pemerintah sendiri. Kalaupun ada yang mengkritik, dengan cepat bisa dilacak oleh aparatnya untuk disensor dan bahkan pelakunya bisa dihukum penjara.
Di China social media yang banyak dipakai adalah Weibo,bentuknya mirip dengan Twitter. Sedangkan Fb dan Twitter yang nota bene buatan Amerika Serikat, dilarang online di negeri Panda tersebut karena sulit menjangkau dan mengawasinya. Jangan harap kalau pergi ke China bisa mengakses Facebook dan Twitter, karena dua social media tersebut diblock oleh pemerintahnya.
(detikINET)



Jumat, 11 Januari 2013

Jadi Menpora, "Roy Suryo" Masuk Trending Topics Twitter



















Politisi Partai Demokrat, Roy Suryo, akhirnya resmi diumumkan menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga. Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Jumat (11/1/2012).

Pengangkatan Roy Suryo sebagai Menpora ini langsung "disambut" warga Twitter dengan berbagai komentar. Ada beraneka ragam tanggapan dari para pengguna Twitter di Indonesia. Berikut beberapa di antaranya:

@JJRizal: pak RM Roy Suryo memang cocok sbg Menpora = Menteri Pewarnetan dan Oprek Rakitan

@ibnux: Roy suryo diharapkan meneruskan kerjaan AM. Yaktu korupsi wisma atlet lainnya

@bellamy: Gue sekarang tau kenapa Roy Suryo jadi Menpora. Karena rasio kumis di kabinet harus sama.

@Liputan9: Menpora Baru Roy Suryo Mulai Dalami Persoalan Persepakbolaan Indonesia Dengan Bermain PES 2013

@nenoharyani: syarat menpora selain punya kumis, ngurusin foto n video artis plus rebutan kursi d pesawat.

@rajasa Look a the bright side, at least roy suryo sekarang keluar dari dunia IT dan ga bisa gerecokin kita lagi..”

Komentar-komentar yang muncul memang kebanyakan mempertanyakan kemampuan Roy Suryo sebagai orang yang paling tanggung jawab terhadap kemajuan olahraga Indonesia.

Berdasarkan penelusuran KompasTekno pada 14.45 WIB, kicauan-kicauan yang mengomentari Menpora baru tersebut membuat "Roy Suryo" menjadi trending topic keempat teratas di Twitter.
Trending topic ini tercipta berkat kicauan-kicauan pengguna Twitter Indonesia yang mengomentari atau melakukan re-tweet berita dari situs-situs berita online yang memberitakan aksi tersebut.






sumber : http://tekno.kompas.com/read/xml/2013/01/11/14550514/Jadi.Menpora..Roy.Suryo.Masuk.Trending.Topics.Twitter

Axis Manfaatkan Facebook untuk Pengaduan Layanan

Operator seluler Axis memanfaatkan aplikasi Facebook untuk layanan pelanggan (customer service). Aplikasi di Facebook itu diberi nama Ask Axis, yang diklaim akan melayani selama 24 jam.

Fitur baru ini memungkinkan pelanggan untuk menyampaikan pertanyaan atau pengaduan gangguan pada layanan seluler dan internet Axis.

"Merupakan tanggung jawab kami untuk terus meningkatkan fasilitas layanan pelanggan, untuk memastikan pelanggan dapat dengan mudah terhubung dengan kami, kapan pun dan di mana pun.” ujar Daniel Horan, Chief Marketing Officer Axis dalam siaran pers yang diterima KompasTekno, Sabtu (12/1/2013).

Untuk menggunakan layanan ini, pengguna terlebih dahulu harus melakukan "Like" halaman Facebook Ask Axis.

Tersedia kategori layanan mulai dari trafik, produk, layanan internet, jaringan, dan lainnya. Setelah itu mulailah mengisi kolom judul dan kolom untuk menyampaikan pertanyaan maupun pengaduan. Setelah itu, pelanggan diharuskan untuk mengisi data pribadi seperti nama, nomor identitas, email, dan nomor telepon

sumber :
http://tekno.kompas.com/read/xml/2013/01/12/12421915/Axis.Manfaatkan.Facebook.untuk.Pengaduan.Layanan

Internet dan Industri Kreatif

Internet kini telah menjadi bagian hidup manusia. Bahkan bisa dikategorikan kebutuhan primer. Jejaring sosial telah menjadi gaya hidup. Penyebaran informasi menjadi lebih cepat dan mudah. Hal itu sangat bagus untuk promosi usaha.Salah satu peluang usaha yang menunjukkan pertumbuhan adalah industri kreatif. Dukungan dari pemerintah semakin menambah daya tarik peluang usaha ini. Setidaknya ada 15 sub sektor industri kreatif. Berikut adalah daftar sub sektor di Industri kreatif (dikutip dari Wikipedia) :
#Periklanan: kegiatan kreatif yang berkaitan jasa periklanan (komunikasi satu arah dengan menggunakan medium tertentu), yang meliputi proses kreasi, produksi dan distribusi dari iklan yang dihasilkan, misalnya: riset pasar, perencanaan komunikasi iklan, iklan luar ruang, produksi material iklan, promosi, kampanye relasi publik, tampilan iklan di media cetak (surat kabar, majalah) dan elektronik (televisi dan radio), pemasangan berbagai poster dan gambar, penyebaran selebaran, pamflet, edaran, brosur dan reklame sejenis, distribusi dan delivery advertising materials atau samples, serta penyewaan kolom untuk iklan. Kode KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha) 5 digit; 73100
#Arsitektur: kegiatan kreatif yang berkaitan dengan jasa desain bangunan, perencanaan biaya konstruksi, konservasi bangunan warisan, pengawasan konstruksi baik secara menyeluruh dari level makro (Town planning, urban design, landscape architecture) sampai dengan level mikro (detail konstruksi, misalnya: arsitektur taman, desain interior). Kode KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha) 5 digit; 73100
#Pasar Barang Seni: kegiatan kreatif yang berkaitan dengan perdagangan barang-barang asli, unik dan langka serta memiliki nilai estetika seni yang tinggi melalui lelang, galeri, toko, pasar swalayan, dan internet, misalnya: alat musik, percetakan, kerajinan, automobile, film, seni rupa dan lukisan.
#Kerajinan: kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi dan distribusi produk yang dibuat dihasilkan oleh tenaga pengrajin yang berawal dari desain awal sampai dengan proses penyelesaian produknya, antara lain meliputi barang kerajinan yang terbuat dari: batu berharga, serat alam maupun buatan, kulit, rotan, bambu, kayu, logam (emas, perak, tembaga, perunggu, besi) kayu, kaca, porselin, kain, marmer, tanah liat, dan kapur. Produk kerajinan pada umumnya hanya diproduksi dalam jumlah yang relatif kecil (bukan produksi massal).
#Desain: kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi desain grafis, desain interior, desain produk, desain industri, konsultasi identitas perusahaan dan jasa riset pemasaran serta produksi kemasan dan jasa pengepakan.
#Fesyen: kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi desain pakaian, desain alas kaki, dan desain aksesoris mode lainnya, produksi pakaian mode dan aksesorisnya, konsultansi lini produk fesyen, serta distribusi produk fesyen.
#Video, Film dan Fotografi: kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi produksi video, film, dan jasa fotografi, serta distribusi rekaman video dan film. Termasuk di dalamnya penulisan skrip, dubbing film, sinematografi, sinetron, dan eksibisi film.
#Permainan Interaktif: kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi, dan distribusi permainan komputer dan video yang bersifat hiburan, ketangkasan, dan edukasi. Subsektor permainan interaktif bukan didominasi sebagai hiburan semata-mata tetapi juga sebagai alat bantu pembelajaran atau edukasi.
#Musik: kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi/komposisi, pertunjukan, reproduksi, dan distribusi dari rekaman suara.
#Seni Pertunjukan: kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha pengembangan konten, produksi pertunjukan (misal: pertunjukan balet, tarian tradisional, tarian kontemporer, drama, musik tradisional, musik teater, opera, termasuk tur musik etnik), desain dan pembuatan busana pertunjukan, tata panggung, dan tata pencahayaan.
#Penerbitan dan Percetakan: kegiatan kreatif yang terkait dengan penulisan konten dan penerbitan buku, jurnal, koran, majalah, tabloid, dan konten digital serta kegiatan kantor berita dan pencari berita. Subsektor ini juga mencakup penerbitan perangko, materai, uang kertas, blanko cek, giro, surat andil, obligasi surat saham, surat berharga lainnya, passport, tiket pesawat terbang, dan terbitan khusus lainnya. Juga mencakup penerbitan foto-foto, grafir (engraving) dan kartu pos, formulir, poster, reproduksi, percetakan lukisan, dan barang cetakan lainnya, termasuk rekaman mikro film.
#Layanan Komputer dan Piranti Lunak: kegiatan kreatif yang terkait dengan pengembangan teknologi informasi termasuk jasa layanan komputer, pengolahan data, pengembangan database, pengembangan piranti lunak, integrasi sistem, desain dan analisis sistem, desain arsitektur piranti lunak, desain prasarana piranti lunak dan piranti keras, serta desain portal termasuk perawatannya.
#Televisi dan Radio: kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha kreasi, produksi dan pengemasan acara televisi (seperti games, kuis, reality show, infotainment, dan lainnya), penyiaran, dan transmisi konten acara televisi dan radio, termasuk kegiatan station relay (pemancar kembali) siaran radio dan televisi.
#Riset dan Pengembangan: kegiatan kreatif yang terkait dengan usaha inovatif yang menawarkan penemuan ilmu dan teknologi dan penerapan ilmu dan pengetahuan tersebut untuk perbaikan produk dan kreasi produk baru, proses baru, material baru, alat baru, metode baru, dan teknologi baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar; termasuk yang berkaitan dengan humaniora seperti penelitian dan pengembangan bahasa, sastra, dan seni; serta jasa konsultansi bisnis dan manajemen.
#Kuliner: kegiatan kreatif ini termasuk baru, kedepan direncanakan untuk dimasukkan ke dalam sektor industri kreatif dengan melakukan sebuah studi terhadap pemetaan produk makanan olahan khas Indonesia yang dapat ditingkatkan daya saingnya di pasar ritel dan passar internasional. Studi dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi selengkap mungkin mengenai produk-produk makanan olahan khas Indonesia, untuk disebarluaskan melalui media yang tepat, di dalam dan di luar negeri, sehingga memperoleh peningkatan daya saing di pasar ritel modern dan pasar internasional. Pentingnya kegiatan ini dilatarbelakangi bahwa Indonesia memiliki warisan budaya produk makanan khas, yang pada dasarnya merupakan sumber keunggulan komparatif bagi Indonesia. Hanya saja, kurangnya perhatian dan pengelolaan yang menarik, membuat keunggulan komparatif tersebut tidak tergali menjadi lebih bernilai ekonomis.
Dari 15 sub sektor tersebut, tentu saja membutuhkan promosi/iklan. Periklanan juga termasuk industri kreatif.  Media internet adalah media promosi yang sangat murah. Tetapi dibutuhkan kecerdasan untuk membuat mediai internet tidak hanya menjadi media promosi yang murah tapi juga media yang efektif untuk meningkatkan usaha.
Beberapa Hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan keefektifan promosi:

  1. Tentukan Target Pasar
Target Pasar adalah sesuatu yang penting dalam menentukan strategi promosi. Percuma saja mempromosikan produk susu bayi kepada remaja. Karena mereka tidak memerlukannya. Jadi sebelum melakukan promosi, harus ditentukan target pasar yang jelas.

  1. Penawaran Hadiah
Pembeli cenderung menyukai hadiah. Jadi hadiah, walaupun nilainya mungkin tidak seberpa, akan bagus untuk meningkatkan penjualan.

  1. Intensitas Promosi
Promosi dengan intensitas jarang akan cenderung membuat calon pembeli lupa. Sedangkan promosi yang terlalu sering akan justru bisa membuat calon pembeli enggan membeli karena jengkel. Ketepatan waktu kapan seharusnya promosi dan kapan tidak menjadi sesuatu yang penting untuk meningkatkan keefektifan promosi.

Salah satu yang bisa dijadikan media promosi di internet adalah jejaring sosial. Promosi di jejaring sosial tidak memerlukan banyak biaya. Tinggal membuat akun dan menyebarkan iklan. Tetapi biasanya iklan dengan modus tersebut sering diabaikan calon pembeli karena biasanya mengganggu.
Selain jejaring sosial, ada yang namanya forum. Promosi di forum juga murah, tetapi keefektifannya lebih baik. Karena target pasarnya jelas.
Banyak jalan menuju Roma. Banyak cara untuk meraih kesuksesan. Dan membuka usaha di bidang industri kreatif kemudian memadukannya dengan media promosi internet adalah salah satu cara menuju kesuksesan. Tetapi tentu saja butuh kecerdasan untuk menjadikan kombinasi yang bagus.
Internet dan Industri Kreatif

Internet kini telah menjadi bagian hidup manusia. Bahkan bisa dikategorikan kebutuhan primer. Jejaring sosial telah menjadi gaya hidup. Penyebaran informasi menjadi lebih cepat dan mudah. Hal itu sangat bagus untuk promosi usaha.
Salah satu peluang usaha yang menunjukkan pertumbuhan adalah industri kreatif. Dukungan dari pemerintah semakin menambah daya tarik peluang usaha ini. Setidaknya ada 15 sub sektor industri kreatif. Berikut adalah daftar sub sektor di Industri kreatif (dikutip dari Wikipedia) :
#Periklanan: kegiatan kreatif yang berkaitan jasa periklanan (komunikasi satu arah dengan menggunakan medium tertentu), yang meliputi proses kreasi, produksi dan distribusi dari iklan yang dihasilkan, misalnya: riset pasar, perencanaan komunikasi iklan, iklan luar ruang, produksi material iklan, promosi, kampanye relasi publik, tampilan iklan di media cetak (surat kabar, majalah) dan elektronik (televisi dan radio), pemasangan berbagai poster dan gambar, penyebaran selebaran, pamflet, edaran, brosur dan reklame sejenis, distribusi dan delivery advertising materials atau samples, serta penyewaan kolom untuk iklan. Kode KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha) 5 digit; 73100
#Arsitektur: kegiatan kreatif yang berkaitan dengan jasa desain bangunan, perencanaan biaya konstruksi, konservasi bangunan warisan, pengawasan konstruksi baik secara menyeluruh dari level makro (Town planning, urban design, landscape architecture) sampai dengan level mikro (detail konstruksi, misalnya: arsitektur taman, desain interior). Kode KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha) 5 digit; 73100
#Pasar Barang Seni: kegiatan kreatif yang berkaitan dengan perdagangan barang-barang asli, unik dan langka serta memiliki nilai estetika seni yang tinggi melalui lelang, galeri, toko, pasar swalayan, dan internet, misalnya: alat musik, percetakan, kerajinan, automobile, film, seni rupa dan lukisan.
#Kerajinan: kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi dan distribusi produk yang dibuat dihasilkan oleh tenaga pengrajin yang berawal dari desain awal sampai dengan proses penyelesaian produknya, antara lain meliputi barang kerajinan yang terbuat dari: batu berharga, serat alam maupun buatan, kulit, rotan, bambu, kayu, logam (emas, perak, tembaga, perunggu, besi) kayu, kaca, porselin, kain, marmer, tanah liat, dan kapur. Produk kerajinan pada umumnya hanya diproduksi dalam jumlah yang relatif kecil (bukan produksi massal).
#Desain: kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi desain grafis, desain interior, desain produk, desain industri, konsultasi identitas perusahaan dan jasa riset pemasaran serta produksi kemasan dan jasa pengepakan.
#Fesyen: kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi desain pakaian, desain alas kaki, dan desain aksesoris mode lainnya, produksi pakaian mode dan aksesorisnya, konsultansi lini produk fesyen, serta distribusi produk fesyen.
#Video, Film dan Fotografi: kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi produksi video, film, dan jasa fotografi, serta distribusi rekaman video dan film. Termasuk di dalamnya penulisan skrip, dubbing film, sinematografi, sinetron, dan eksibisi film.
#Permainan Interaktif: kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi, dan distribusi permainan komputer dan video yang bersifat hiburan, ketangkasan, dan edukasi. Subsektor permainan interaktif bukan didominasi sebagai hiburan semata-mata tetapi juga sebagai alat bantu pembelajaran atau edukasi.
#Musik: kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi/komposisi, pertunjukan, reproduksi, dan distribusi dari rekaman suara.
#Seni Pertunjukan: kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha pengembangan konten, produksi pertunjukan (misal: pertunjukan balet, tarian tradisional, tarian kontemporer, drama, musik tradisional, musik teater, opera, termasuk tur musik etnik), desain dan pembuatan busana pertunjukan, tata panggung, dan tata pencahayaan.
#Penerbitan dan Percetakan: kegiatan kreatif yang terkait dengan penulisan konten dan penerbitan buku, jurnal, koran, majalah, tabloid, dan konten digital serta kegiatan kantor berita dan pencari berita. Subsektor ini juga mencakup penerbitan perangko, materai, uang kertas, blanko cek, giro, surat andil, obligasi surat saham, surat berharga lainnya, passport, tiket pesawat terbang, dan terbitan khusus lainnya. Juga mencakup penerbitan foto-foto, grafir (engraving) dan kartu pos, formulir, poster, reproduksi, percetakan lukisan, dan barang cetakan lainnya, termasuk rekaman mikro film.
#Layanan Komputer dan Piranti Lunak: kegiatan kreatif yang terkait dengan pengembangan teknologi informasi termasuk jasa layanan komputer, pengolahan data, pengembangan database, pengembangan piranti lunak, integrasi sistem, desain dan analisis sistem, desain arsitektur piranti lunak, desain prasarana piranti lunak dan piranti keras, serta desain portal termasuk perawatannya.
#Televisi dan Radio: kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha kreasi, produksi dan pengemasan acara televisi (seperti games, kuis, reality show, infotainment, dan lainnya), penyiaran, dan transmisi konten acara televisi dan radio, termasuk kegiatan station relay (pemancar kembali) siaran radio dan televisi.
#Riset dan Pengembangan: kegiatan kreatif yang terkait dengan usaha inovatif yang menawarkan penemuan ilmu dan teknologi dan penerapan ilmu dan pengetahuan tersebut untuk perbaikan produk dan kreasi produk baru, proses baru, material baru, alat baru, metode baru, dan teknologi baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar; termasuk yang berkaitan dengan humaniora seperti penelitian dan pengembangan bahasa, sastra, dan seni; serta jasa konsultansi bisnis dan manajemen.
#Kuliner: kegiatan kreatif ini termasuk baru, kedepan direncanakan untuk dimasukkan ke dalam sektor industri kreatif dengan melakukan sebuah studi terhadap pemetaan produk makanan olahan khas Indonesia yang dapat ditingkatkan daya saingnya di pasar ritel dan passar internasional. Studi dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi selengkap mungkin mengenai produk-produk makanan olahan khas Indonesia, untuk disebarluaskan melalui media yang tepat, di dalam dan di luar negeri, sehingga memperoleh peningkatan daya saing di pasar ritel modern dan pasar internasional. Pentingnya kegiatan ini dilatarbelakangi bahwa Indonesia memiliki warisan budaya produk makanan khas, yang pada dasarnya merupakan sumber keunggulan komparatif bagi Indonesia. Hanya saja, kurangnya perhatian dan pengelolaan yang menarik, membuat keunggulan komparatif tersebut tidak tergali menjadi lebih bernilai ekonomis.
Dari 15 sub sektor tersebut, tentu saja membutuhkan promosi/iklan. Periklanan juga termasuk industri kreatif.  Media internet adalah media promosi yang sangat murah. Tetapi dibutuhkan kecerdasan untuk membuat mediai internet tidak hanya menjadi media promosi yang murah tapi juga media yang efektif untuk meningkatkan usaha.
Beberapa Hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan keefektifan promosi:

  1. Tentukan Target Pasar
Target Pasar adalah sesuatu yang penting dalam menentukan strategi promosi. Percuma saja mempromosikan produk susu bayi kepada remaja. Karena mereka tidak memerlukannya. Jadi sebelum melakukan promosi, harus ditentukan target pasar yang jelas.

  1. Penawaran Hadiah
Pembeli cenderung menyukai hadiah. Jadi hadiah, walaupun nilainya mungkin tidak seberpa, akan bagus untuk meningkatkan penjualan.

  1. Intensitas Promosi
Promosi dengan intensitas jarang akan cenderung membuat calon pembeli lupa. Sedangkan promosi yang terlalu sering akan justru bisa membuat calon pembeli enggan membeli karena jengkel. Ketepatan waktu kapan seharusnya promosi dan kapan tidak menjadi sesuatu yang penting untuk meningkatkan keefektifan promosi.

Salah satu yang bisa dijadikan media promosi di internet adalah jejaring sosial. Promosi di jejaring sosial tidak memerlukan banyak biaya. Tinggal membuat akun dan menyebarkan iklan. Tetapi biasanya iklan dengan modus tersebut sering diabaikan calon pembeli karena biasanya mengganggu.
Selain jejaring sosial, ada yang namanya forum. Promosi di forum juga murah, tetapi keefektifannya lebih baik. Karena target pasarnya jelas.
Banyak jalan menuju Roma. Banyak cara untuk meraih kesuksesan. Dan membuka usaha di bidang industri kreatif kemudian memadukannya dengan media promosi internet adalah salah satu cara menuju kesuksesan. Tetapi tentu saja butuh kecerdasan untuk menjadikan kombinasi yang bagus.

Internet sebagai Pagar Budaya Bangsa

Akhir Juni 2012 ini tiba-tiba muncul kabar Malaysia mengklaim Tari Tor-Tor dan Gondang Sambilan yang merupakan budaya dari Batak sebagai salah satu kebudayaan mereka. Meskipun akhirnya pemerintah Malaysia menjelaskan bahwa ini hanya kesalahpahaman semata, namun melihat seringnya Malaysia memberikan informasi klaim budaya Indonesia membuat bangsa Indonesia jengah dengan kabar ini. Andai dipikirkan lebih jauh, mungkin ini bukan semata-mata kesalahan Malaysia. Bisa saja karena kita yang tidak terlalu menjaga kebudayaan yang kita miliki.
Budaya sendiri memiliki banyak jenis mulai dari ilmu pengetahuan sampai hasil kesenian. Mendaftarkan masing-masing kebudayaan ini ke UNESCO memang menjadi target Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Namun hal ini selain membutuhkan waktu yang lama juga memerlukan dana yang tidak sedikit, sedikit berbeda dengan memperkenalkan tempat wisata. Selain lebih sulit untuk diklaim karena memang bersifat fisik, tempat wisata berada di wilayah geografis yang bisa diketahui secara kasat mata. Sementara budaya merupakan sesuatu yang abstrak dan tidak dibatasi oleh dimensi yang jelas. Manusia sebagai subyek budaya itu sendiri yang dapat mengontrolnya.
Kita bisa saja mencegahnya dengan mengklaim lebih awal tentang budaya-budaya yang ada di Indonesia melalui media internet. Loh kog gitu? Yang saya maksudkan disini adalah klaim pribadi kita bahwa kita memiliki budaya tertentu. Kebetulan sedang musim K-pop nih, dan imbas yang paling banyak menyerang kaum muda adalah terbentuknya boyband dan girlband. Walaupun di banyak negara sudah banyak boyband dan girlband seperti ini, namun klaimnya pasti mereka meniru gaya K-pop. Nah Korea sendiri memulai industri ini dengan memanfaatkan media internet. Banyak tayangan televisi baik drama maupun reality show yang diunggah ke internet. Hal ini sebenarnya sudah terjadi sejak lama dan membutuhkan keseriusan bersama-sama membentuk budaya K-pop. Dari sini budaya K-pop yang memang sudah dari dulu ada dapat mendunia.
Salah satu hal yang membaik di Indonesia adalah bidang pariwisata. Dulu mungkin orang mengira Bali adalah salah satu negara di dunia, sedangkan Indonesia hanya merupakan salah satu kota di Bali. Namun dengan makin banyaknya informasi, Bali dikenal sebagai salah satu tempat wisata yang indah di Indonesia. Dan sekarang mulai banyak pula tempat-tempat wisata baru seperti Raja Ampat dan Lombok. Mungkin kita tidak bisa mendatangi tempat wisata di Indonesia ini satu persatu, namun sekarang sudah banyak website yang menyediakan informasi tempat wisata. Biasanya ini disebarkan oleh komunitas backpacker yang secara aktif mengumpulkan informasi tempat wisata di Indonesia.
Salah satu upaya Malaysia memperkenalkan budaya mereka adalah membentuk suatu taman wisata di daerah Kalimantan untuk menawarkan tempat wisata alam dan budaya yang ada dalam satu tempat. Kalau di Indonesia kita punya Taman Mini Indonesia Indah. Namun kalau kita tidak bisa kesana, internet menjadi salah satu tempat yang menjadi sumber informasi tentang budaya. Namun seperti yang dijelaskan diatas, kebanyakan informasi yang ada di internet adalah tentang tempat wisata. Masih sangat sedikit yang membahas tentang budaya. Disinilah satu peluang untuk klaim budaya kita.
Sebenarnya sudah terdapat beberapa website yang menyediakan informasi budaya di Indonesia. Namun jumlah ketertarikan untuk membahas topik ini masih sedikit. Tulisan yang menjamur di Indonesia lebih banyak membahas SEO, PHP atau hal-hal yang bersifat scam bisnis online. Salah satu website tentang budaya yaitu http://budaya-indonesia.org memberikan banyak sekali referensi tentang budaya apa saja yang ada di Indonesia. Saya yakin website dibuat untuk memberikan informasi dan membagi serta menyebarluaskan ke masyarakat. Tidak ada salahnya membaca dan membaginya kepada orang-orang sesame peselancar dunia maya. Jika hal ini menjadi perbincangan luas di Indonesia sejak awal, akan terbentuk persepsi bahwa budaya atau apa saja yang dibicarakan adalah berasal dan milik Indonesia. Masyarakat internasional juga dapat menikmati informasi yang bersangkutan dan ini akan memberikan barier atau batasan negara lain mengklaim budaya Indonesia sebagai budaya milik negara yang bersangkutan.

Memanfaatkan Social Media sebagai Edutainment

Arus globalisasi begitu cepat masuk ke seluruh belahan dunia, terutama pada negara-negara berkembang. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena di negara tersebut terdapat beberapa faktor yang mempermudah jalannya proses globalisasi. Salah satu faktor yang mempercepat arus globalisasi di negara berkembang  adalah teknologi dan media informasi yang berkembang pesat hampir di seluruh lapisan masyarakat, sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas. Akibatnya ruang gerak manusia semakin dipersempit dan waktu semakin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi skala dunia
Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan media informasi, social media sebagai salah satu bagian dari internet menjadi salah satu aplikasi favorit yang digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Berdasarkan data yang dirilis TEMPO edisi 12 April 2012, bahwa dalam 60 detik terdapat berbagai aktivitas yang terjadi social media, meliputi: 98.000 kicauan dalam twitter, 6.600 gambar diunggah ke flickr, 370.000 panggilan telepon melalui skype, 695.000 status baru muncul di facebook dan 510.040 komentar dalam muncul di facebook. Data di atas menunjukkan betapa tingginya aktivitas masyarakat dalam menggunakan jejaring sosial dalam mengisi hari-harinya.
Perkembangan internet pun semakin cepat. Ketika dahulu hanya dapat diakses menggunakan PC, kini internet dapat diakses menggunakan berbagai macam gadget seperti laptop, tablet, bahkan ponsel. Di antara beberapa media tersebut, secara umum mengakses internet yang paling bisa memberi kepuasan adalah menggunakan PC atau laptop. Namun menurut riset Effective Measure sekitar 61,88% atau 24.195.080 dari pengguna Internet sebesar 39.100.000 masyarakat Indonesia  cenderung mengakses internet menggunakan ponsel. Dari sekitar 61,88% pengakses internet dengan ponsel tersebut, 89% di antaranya menggunakan untuk mengakses social media. Kondisi tersebut akan semakin berkembang seiring trend penggunaan smartphone yang semaki menggantikan penggunaan ponsel biasa, dimana telah menjadi rahasia umum bahwa salah satu keunggulan smartphone adalah memanjakan pemiliknya dalam penggunaan social media. Oleh sebab itu generasi menunduk ala film Republik Twitter bukan tidak mungkin akan bertambah semakin bertambah banyak.
Jenis-jenis social media yang dikenal saat ini sangat beragam, beberapa di antaranya adalah Facebook, MySpace, Twitter, Google+ Bebo, Badoo, Sofamous, Buzznet, Flixster, Flickr dan akan masih terus berkembang seiring dengan perkembangan dunia internet. Di antara beberapa jenis media sosial di atas ada jaringan yang fokus pada profil pribadi dan berkirim pesan antar teman, ada yang fokus pada fasilitas berbagi foto, musik, bahkan jurnal. Namun kesemuanya sama-sama menawarkan hiburan yang mengasyikkan bagi penggunanya.

Cerdas Memanfaatkan Social Media
Sebagai genarasi muda yang dinamis akan perkembangan teknologi dan informasi, sudah selayaknya kita menjadi salah satu aktor penting dalam memanfaatkan social media dalam berbagai aktivitas kita. Ada banyak alasan mengapa kita ikut larut dalam perkembangan social media. Namun terkadang berlatar belakang mengikuti trend, menggunakan social media menjadi boomerang tersendiri bagi kita. Alih-alih ingin meningkatkan sosialisasi dan mencari hiburan di dunia maya terkadang justru menjadikannya malas dan menunda pekerjaan. Mereka asyik untuk ngobrol, bercanda-tawa, dan lupa akan tugas dan kewajibannya sebagai generasi muda yang siap memangku masa depan bangsa.
Sesungguhnya social media memiliki banyak kelebihan, misalnya sekedar bercengkerama dengan teman-temannya, mengekspresikan perasaan, mencari jaringan hingga berdagang untuk menambah uang bulananpun dapat kita lakukan. Apapun yang menjadi alasan generasi muda untuk menggunakan media sosial sudah sepatutnya mereka dapat memanfaatkan media tersebut sebagai sarana untuk meningkatkan softskill, hardskill, dan atau bahkan bergaining position.
Namun tidak menolak kemungkinan pula, bahwa social media juga akan memberi dampak sangat buruk bagi user yang tidak cerdas, dan tidak pandai mengatur penggunaan social media tersebut. Oleh sebab itu diri kita sendirilah yang paling tahu apa yang menjadi kebutuhan kita, dan bagaimana me-menege agar tidak terjerumus arus negatif dari penggunaan social media.
Terlepas dari baik dan buruk, sesungguhnya social media menawarkan berbagai hal menarik, kemudahan, informasi bahkan entertainment. Misalnya dengan adanya ketersediaan grup-grup sebagai sarana diskusi. Dari berbagai jenis media sosial yang ada, hampir pada semua jenis social media yang telah disebutkan sebelumnya, kita  bisa bergabung ataupun membangun grup-grup yang berfokus pada interest tertentu. Oleh sebab itu kita dapat saling bertukar ilmu, pengalaman, bahkan kritik dan saran. Salah satu kelebihan memiliki komunitas pada social network adalah memungkinkan kita berhubungan dengan orang-orang yang memiliki interest atau masalah yang sama. Bila kita aktif berbagi pada komunitas-komunitas tertentu, maka kita akan mulai dikenal sekaligus dapat membentuk reputasi kita. Menularkan koneksi kita pada jaringan yang lain pun akan lebih mudah jika kita sudah dikenal dan reputasi kita sudah terbentuk.
Tidak hanya itu, kecepatan media social dalam memberikan arus informasi dapat menjadikan kita sebagai masyarakat yang uptodate dari berbagai informasi, mulai dengan informasi tentang beasiswa, lowongan pekerjaan, seminar, berita, kebutuhan sehari-hari dan beberapa informasi lainnya.
Dari berbagai kemudahan yang ditawarkan tersebut, kita yang memiliki kewajiban untuk mengontrol sekaligus memilah-milah mana yang paling memberikan manfaat serta mendukung aktivitas kita, dan mana yang tidak. Karena sesungguhnya secanggih dan sepintar apapun tidak akan memberi efek positif apapun apabila kita sebagai penggunanya tidak menjadi smartuser.

Social Media dan Edutainment.
Beberapa pemaparan di atas telah menjelaskan akan beberapa manfaat dari social media. Aplikasi-aplikasi social media yang didesain sangat entertain semakin memberi kesempatan bagi kita untuk memanfaatkannya setiap saat. Namun kita sebagai smartuser kita harus memiliki kontrol untuk setiap pemaikainnya. Sehingga kita dapat memanfaatkan social media sebagai sarana eduatainment, yaitu sarana hiburan menyenangkan namun tanpa kehilangan esensi dari nilai-nilai ilmu pengetahuan yang dibagikan.
Ketersediaan social media untuk terhubung dengan situs-situs pendidikan serta, grup-grup diskusi tentang permasalahan sosial, ekonomi, politik budaya, dsb dengan kualitas tertentu, mempermudah kita untuk belajar sembari bersosialisasi dengan berbagai teman sejawat. Maka dengan kesadaran yang tinggi akan eksistensi kita sebagai generasi muda, akan membentuk kita menjadi manusia yang sadar akan posisi koordinat hidupnya. Dengan demikian maka kita tidak akan menjadi generasi konsumtif akan perkembangan teknologi semata, tetapi juga akan menjadi generasi yang cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif.


Kutub Positif dan Negatif

Memandang segala hal dari berbagai sisi kehidupan, manusia hidup  menjalankan perannya masing-masing, seperti cerita dalam “wiracarita Mahabharata” . antagonis dan protaginis bukanlah hal tentang positif atau negative,  masing –masing individu melakukan apa yang menjadi dasar pemikirannya, bagaimana para pandawa manjadi lebih baik bila dibandingkan dengan kurawa akibat pembawaan diri yang memang bertentangan.

Indah akan lebih indah jika dibangdingkan dengan hal yang paling indah.   Tuhan menciptakan manusia dengan garis takdir yang sudah digariskan sejak ruh masih berada di langit, bagaimana kelima pandawa bisa terlahir dari sosok semanis dewi kunti, bagaimana arjuna begitu bersinar dengan keindahan budi dan ketegasan sikap dilain sisi melankolisnya.

Seorang tidak pernah menginginkan hal buruk terjadi pada dirinya, namun mungkin bisa saja situasi dan keadaan membuat semua itu terjadi diluar nalar dan semua mungkin rahasia tuhan atau mungkin karma.  Seperti renjani  yang tidak pernah membayangkan jika dirinya akan diperkosa dan harus menanggung derita hidup dalam rumitnya masalalu, berbuat sesuatu untuk orang lain yang membutuhkan adalah tindakan bijaksana, mungkin tindakan sederhana itu mampu membuahkan hasil yang besar seperti dewa(bayi yang terlahir dengan distorsi fungsi otak) yang dipertemukan tuhan dengan sosok rinjani yang memiliki masa lalu kelam karna terpaksa harus menggugurkan janin yang tidak pernah dia kehendaki.  Keadilan tuhan selalu diluar nalar manusia, positif dan negativ atau di pasangkan dengan sekutubnya akan cocok disuatu kasus, belum tentu dikasus yang lain. Rinjani mewakili sisi negatif dipandang dari sudut pandang masa lalunya dan kerapuhan batin yang dia alami sedangkan dewa mewakili sisi yang serupa dilihat dari sudut pandang kerapuhan fisik dan mental akibat distorsi fungsi otak , Tuhan mempertemukan mereka untuk saling menguatkan dan memberi arti dari perjalanan hidup mereka.

Manusia hidup saling melengkapi dan mengisi, yang kurang untuk yang lebih dan sebaliknya, yang mampu mengisi yang tidak mampu atau juga sebaliknya.  Naluri manusia adalah mengetahui kebutuhannya atau bantuan tuhan menemukan kebutuhan kita meskipun tidak diberikan disaat yang kita anggap tepat karna tuhan lebih tau segalanya.  Seperti bagaimana takdir mempertemukan bisma pada kehidupan rinjani dan dewa, pada sisi ini tuhan mempertemukan dua kutub negatif dengan satu kutub positif yaitu sosok bisma seorang yang pandai bermain biola, “saling membutuhkan dan tuhan mempertemukannya” itulah istilah yang tepat.  Mungkin cerita dalam film ini tetaplah sebuah hasil pemikiran mendalam  manusia namun semua bagai selaras dan sejalan dengan segi positif dan negatifnya masing-masing, manusia bukanlah sebatang magnet dengan sisi positif dan negatif yang konstan dengan aturan alam yang tidak memungkinkan kutub yang sama saling bertemu dan mengikat.  Tetapi ini adalah tentang hidup, takdir dan manusia, satu orang dapat memiliki banyak sisi positif  atau sisi negatif, namun semua dapat saling mengikat dan membutuhkan dengan individu lain bukan saja dari kutub atau sisi yang berlawanan tapi mungkin saja dari sisi atau kutub yang sejenis.

(inspired by “BIOLA TAK BERADAWAI” a film by Sekar ayu asmara)

Negri Gingseng menjadi Negri plastik

 
 
Cakep banget? Imut mampus? cute habis?  … Ya memang nampaknya seperti itu, namun tahukah kalian wajah imut dan cantiknya murni 100 % hasil operasi plastik? dari ujung dahi sampai ujung dagu wajah PMY telah dipermak habis, loh ko bisa tau, sebenarnya mudah mengidentifikasi wajah artis korea itu oplas atau ngga, berdasarkan data dari departemen kesehatan korea itu sendiri hampir 99% artis di korea telah melakukan operasi plastik, dan 65 % wanita disana pun melakukan hal sama, baik itu operasi yang hanya sekedar mengubah mata , sampai mengubah total wajah mereka menjadi “mahluk baru”, artinya bisa dipastikan ampir seluruh artis disana pernah merasakan bedah plastik, pertanyaannya kemudian adalah seberapa ekstrem mereka mengubah wajah mereka? sedikit, sebagian atau seluruhnya?
menurut dr Park , plastic surgeon dari wonjin klinik (naver.com) dipastikan , PMY melakukan oplas sebanyak 5 kali bertuturt-turut, secara bertahap dimulai dgn eye surgery (upper blephroplasty) pengurangan rahang dst, melalui 100 kali prosedur dengan hampir 57 teknik operasi dilakukan pada seluruh tubuhnya, 
mulai dari penambahan volume dahi (forehead augmentation), operasi pembesaran mata ; eye surgery (multilateral, upper blephroplasty,epi canthoplasty,lateral canthoplasty, ptosis correction), pada hidung, rhnoplasty (blun tip, short nose snub nose,) mulut (mouth protrusion,), dagu (chin correction) pada rahang wajah (jaw reduction(pemangkasan rahang), zygoma reduction(pemangkasan tulang pipi) dan breast augmentation (pembesaran payudara). terkejutkah? shocked? jangan dulu deh, hal seperti ini sudah lazim dilakukan warga Korea selatan, asal siap uang, semuanya bisa terkabul,
ko bisa ya hasilnya mulus natural, itulah keajaiban kedokteran di sana, operasi plastik di korea mulai berlari menakjubkan awal tahun 2004, akhir tahun 2003 an setelah negara itu bergerak menuju makmur, trend kecantikan ala barat semakin merebak setelah hallyu wave merajalela dan industri hiburan korea mulai menjajah tiap negara di asia,
seperti apa sih kecantikan ala barat yg mereka sebut sebagai kecantikan boneka?

kecantikan dengan mata yang besar, hidung mancung dengan nostril mungil, dahi bervolume penuh *nong2 lah istilah org sundanya mah * serta “muka kecil” v-line. kini dengan majunya teknologi bahkan wajah sehancur apapun bisa disulap super imut di korea sana, trend ini menjamur hingga membudaya pada masyarakat korea sendiri, di korea ada istilah, mending miskin daripada jelek, “kecantikan adalah bukan diturunkan tapi di ciptakan”, bahkan “orang cakep, dianggap lebih banyak dapet kesempatan kerja dibanding orang jelek/biasa aja”
Dalam survey oleh JobKorea, kekuatiran terbesar para pelamar bukanlah pada kualifikasi formal, tetapi pada penampilan mereka. Mahasiswa Jay Seo berkata, banyak temannya yang berpikir untuk operasi plastik setelah lulus.

[Jay Seo, Mahasiswa]:
“Para murid operasi plastik agar mendapat pekerjaan. Ini adalah kompetisi, semakin tampan atau cantik orangnya, ia memenangkan kompetisi.”
dampak dri tren itu, klinik – klinik operasi plastik bertebaran di korea, terutama di distrik gangnam korea selatan, selain itu jika dibandingkan negara lain oplas korea terhitung lebih murah 50 % dari standar harga yg ditentukan, coba siapa yang tidak tergiur, hasil natural dan rapih *ga kaya kade ato mpok atik* tapi harga murmer? bikin ngiler kan? mau, mau ?*ha ha amit2 deh kalu aku ngelakuin, aku masi punya Tuhan*, makanya kini selain menyuplai drama dan k pop ke seluruh dunia,defisa korea juga berasal dari bisnis daerah wisata operasi plastik, tiap orang di penjuru dunia datang ke korea tiap tahunnya sekitar 2000 org untuk melakukan operasi plastik, dan jumlah ini meningkat per tahunnya *whattt? dan porsi ini bentar lagi disaingi thailand*
 Hukum Operasi plasti dalam Agama
Operasi plastik (plastic surgery) atau dalam bahasa Arab disebut jirahah at-tajmil adalah operasi bedah untuk memperbaiki penampilan satu anggota tubuh yang nampak, atau untuk memperbaiki fungsinya, ketika anggota tubuh itu berkurang, hilang/lepas, atau rusak. (Al-Mausu’ah at-Thibbiyah al-Haditsah, 3/454).
        Hukum operasi plastik ada yang mubah dan ada yang haram. Operasi plastik yang mubah adalah yang bertujuan untuk memperbaiki cacat sejak lahir (al-�uyub al-khalqiyyah) seperti bibir sumbing, atau cacat yang datang kemudian (al-�uyub al-thari`ah) akibat kecelakaan, kebakaran, atau semisalnya, seperti wajah yang rusak akibat kebakaran/kecelakaan. (M. Al-Mukhtar asy-Syinqithi, Ahkam Jirahah Al-Thibbiyyah, hal. 183; Fahad bin Abdullah Al-Hazmi, Al-Wajiz fi Ahkam Jirahah Al-Thibbiyyah, hal. 12; Hani` al-Jubair, Al-Dhawabith al-Syar�iyyah li al-�Amaliyyat al-Tajmiiliyyah, hal. 11; Walid bin Rasyid as-Sa�idan, Al-Qawa�id al-Syar�iyah fi al-Masa`il Al-Thibbiyyah, hal. 59).
        Operasi plastik untuk memperbaiki cacat yang demikian ini hukumnya adalah mubah, berdasarkan keumuman dalil yang menganjurkan untuk berobat (al-tadawiy). Nabi SAW bersabda,“Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, kecuali Allah menurunkan pula obatnya.” (HR Bukhari, no.5246). Nabi SAW bersabda pula,”Wahai hamba-hamba Allah berobatlah kalian, karena sesungguhnya Allah tidak menurunkan satu penyakit, kecuali menurunkan pula obatnya.” (HR Tirmidzi, no.1961).
        Adapun operasi plastik yang diharamkan, adalah yang bertujuan semata untuk mempercantik atau memperindah wajah atau tubuh, tanpa ada hajat untuk pengobatan atau memperbaiki suatu cacat. Contohnya, operasi untuk memperindah bentuk hidung, dagu, buah dada, atau operasi untuk menghilangkan kerutan-kerutan tanda tua di wajah, dan sebagainya.
       Dalil keharamannya firman Allah SWT (artinya) : “dan akan aku (syaithan) suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka mengubahnya”. (QS An-Nisaa` : 119). Ayat ini datang sebagai kecaman (dzamm) atas perbuatan syaitan yang selalu mengajak manusia untuk melakukan berbagai perbuatan maksiat, di antaranya adalah mengubah ciptaan Allah (taghyir khalqillah). Operasi plastik untuk mempercantik diri termasuk dalam pengertian mengubah ciptaan Allah, maka hukumnya haram. (M. Al-Mukhtar asy-Syinqithi, Ahkam Jirahah Al-Thibbiyyah, hal. 194).
    Selain itu, terdapat hadis Nabi SAW yang melaknat perempuan yang merenggangkan gigi untuk kecantikan (al-mutafallijat lil husni). (HR Bukhari dan Muslim). Dalam hadis ini terdapat illat keharamannya, yaitu karena untuk mempercantik diri (lil husni). (M. Utsman Syabir, Ahkam Jirahah At-Tajmil fi Al-Fiqh Al-Islami, hal. 37). Imam Nawawi berkata,”Dalam hadis ini ada isyarat bahwa yang haram adalah yang dilakukan untuk mencari kecantikan. Adapun kalau itu diperlukan untuk pengobatan atau karena cacat pada gigi, maka tidak apa-apa.” (Imam Nawawi, Syarah Muslim, 7/241). Maka dari itu, operasi plastik untuk mempercantik diri hukumnya adalah haram. Wallahu a�lam [ ]

Kesimpulan
cantik dari luar itu adalah keharusan, mungkin lebih tepatnya enak dipandang, namun kecantikan dari luar bukan lah hal yang mutlak jika tidak dibarengi dengan kecantikan dari dalam dan tingkah laku yang membuat orang lain nyaman berada di dekat kita.  meskipun miris namun ini sudah menjadi fenomena dan bukan sebuah hal asing, bukan sebuah hal tabu dan seperti sah saja, padahal nyatanya ini dilarang dalam agama, apakah manusia sekarng ini sudah tidak memiliki kepercayaan diri yang dapat membuat kita berfikir secara logis?

SRINTIL Dan RASUS

Legenda atau mitologi lahir dari sebuah kejadian yang di sertai dengan pemikiran manusia, pemikiran tentang moral, ketuhanan atau tentang perjalanan hidup. Legenda merupakan salah satu sarana mempartahankan cerita yang berakar pada budaya dan hal-hal yang menjadi dasar lahirnya sebuah kisah. Ronggeng atau biasa kita sebut penari ronggeng adalah kesenia rakyat yaitu penari yang menghibur penduduk desa biasanya ditampilkan malam hari.
Ronggeng dukuh paruk karya ahmad tohari (1982) merupakan trilogi yang menceritakan kehidupan seorang penari ronggeng dengan mitos dan segala kepercayaan yang lahir di tengah masyarakat jawa pada masa itu yaitu sekitar thn 1953. Dukuh paruk, sebuah desa miskin yang di daerah jawa barat yang sangat mengagungi kesenian ronggeng ini dengan segala kepercayan magisnya. Menjaga tradisi leluhur adalah kewajiban meskipun harus diberengi dengan pengrobanan. Seperti drupadi yang tidak pernah menyangka akan menjadi istri dari panca pandawa, begitu juga yang terjadi dengan srintil yang tidak pernah menyangka dirinya menjadi titisan seorang ronggeng.
Menjadi penari ronggeng merupakan darma bakti seorang srintil bagi orang tuanya, orang-orang disekitarnya dan juga bagi desanya “dukuh paruk”, namun menjadi ronggeng tidaklah mudah yang tidak hanya menari di atas pentas namun juga menjadi milik seluruh warga dukuh. Kondisi yang meprihatinkan jika dilihat dari segi moral dan konflik batin seorang anak manusia, srintil yang harus mengorbankan rasa cinta dan masa depannya yaitu rasus pujaan hatinya yang harus merelakan hubugan mereka dan mejauh dengan cara masing-masing, hingga akhirnya srintil sadar akan kesalahannya dan membawanya kepada jalur yang semakin rumit.

Kepentingan dan kebutuhan hidup. Dua hal yang membuat semua menjadi semakin rumit dalam sejarah kehidupan manusia selain keegoisan manusia, jaman mulai berganti dan membawa dukuh paruk pada kemajuan dan kesejahteraan fatamorgana yang hanya menjadi hasil dari kepentingan sekelompok manusia egois yang memperdaya warga dukuh paruk. Namun keberanian srintil layak dijadikan contoh bagaimana ia berani mengusik kembali sejarah kelam Indonesia khusunya desa dukuh paruk dimana kemiskinan, ketidaktahuan, dan keinginan untuk hidup menjadi ladang pembodohan masal yang berujung pada kekerasan yang tragis dan mengenaskan.

Tidak ada kata cinta dan kata sayang yang jelas terdengar dalam sepanjang skenario kisah ini, menikmati sebuah mitologi dan legenda dipaparkan. Namun pada akhrinya semua kisah perjuangan srintil adalah berujung pada satu pengungkapan nyata tentang kata “cinta”, ini adalah sebuah kisah cinta seorang anak manusia. Ternyata “cinta itu lebih dalam dan berarti jika diungkapkan dengan sikap yang tulus dan pengorbanan tanpa ucapan”. 

(inspired of “Sang penari” a film by shanty Harmayn)