I'm here

Nama:Rizka Dirrasty
Npm:12109624
Kelas: 4 Ka 17





Minggu, 24 Juni 2012

Proposal Penulisan Ilmiah



1.1         1.1  Latar Belakang

Permainan puzzle merupakan kegiatan yang sangat disenangi oleh anak-anak.  Dengan bermain puzzle anak-anak akan melatih daya imajinasi dan kreatifitas untuk membentuk sebuah gambaran dari pecahan gambar .  Program inilah dapat mengasah kecerdasan anak pada berusia 3-5 tahun. Bermain bagi anak adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan atau tanpa mempergunakan alat yang menghasilkan pengertian atau memberikan informasi, memberi kesenangan maupun mengembangkan imajinasi pada anak.
Dalam bermain puzzle anak ini mengalami proses perkembangan yang fundamental berarti dalam arti bahwa pengalaman perkembangan pada usia dini  dapat memberi pengaruh yang dan berjangka waktu yang lama sehingga proses perkembangan anak selanjutnya.  Setiap anak memiliki potensi,  baik pontesi fisik, biologis kognisi maupun sosioemosi. Anak mengalami perkembangan sangat pesat sehingga membutuhkan pembelajaran yang aktif dan energy.  Dengan permainan edukatif adalah bermain dengan menekankan pada pengembangan aspek penglihatan, pendengaran, gerak motorik dan bahasa yang kesemuanya sangat penting dalam proses perkembangan anak pada usia dini.  Banyak kondisi yang terlihat saat ini dalam kegiatan bermain yang hanya mengandalkan kertas dan pensil, sehingga alokasi waktu yang terserap untuk kegiatan tersebut berakibat pada evaluasi terhadap kemajuan anak yang hanya menekankan pada kemampuan baca dan tulis. kemampuan kognitif anak pada berusia 3-5 tahun pada permainan puzzle.
Puzzle berdasarkan proses penyelidikan dan penemuan untuk menyelesaikan, yang mungkin dapat dipecahkan lebih cepat oleh mereka yang mempunyai kemampuan deduktif yang bagus . Dan mengelompokan benda dengan berbagai cara menurut ciri-ciri tertentu misal; menurut warna, bentuk ,ukuran jenis dan lain-lainya.  Dan menyusun benda yang berbeda, yang mungkin dapat dpecahkan lebih cepat oleh mereka yang mempunyai kemampuan. Pengamatan ketika anak sedang bermain secara aktif maupun pasif, akan banyak membantu memahami jalan pikiran anak, selain itu juga akan meningkatkan ketrampilan berkomunikasi.  Pemahaman tentang bermain juga akan membuka wawasan dan menjernihkan pendapat kita, sehingga kita dapat lebih luwes tehadap kegiatan bermain itu sendiri. Sehingga dapat memberikan kesempatan yang lebih banyak kepada anak untuk bereksplorasi terhadap kemampuan serta imajinasinya, dan akibatnya akan mendukung segala aspek perkembangan anak. Perkembangan otak anak dipengaruhi oleh banyak hal, diantaranya adalah dengan bermain.

Oleh karena itu, tulisan ini ingin mencoba merancang sebuah game edukasi hasil imajinasi penulis yaitu game puzzle yang dtujukan bagi pemula atau anak karena permainan sangat sederhana sebab tidak terdapat tingkat kesulitan. Untuk itu menulis ingin membuat penulisan ilmiah dengan judul “  Pembuatan Game Puzzle Kognitif Anak Usia 3-5 Tahun Dengan Menggunakan Macromedia Flash ”
          Penulis berharap game ini dapat digunakan untuk menghibur dan edukasi, khususnya bagi pemula atau anak-anak, namun tidak terkecuali bagi mereka yang berminat sekalipun bukan pemula atau anak-anak.

1.2 RUANG LINGKUP
 Ruang Lingkup  dari pembuatan tugas akhir ini adalah :
1.      Pembuatan program, menggabungkan potongan program.
2.      Menganalisa program dan gambar , memberi efek gerak, game menggunakan aplikasi Macromedia Flash dan Game di alankan berbasis PC desktop.

1.3 TUJUAN
Tujuan pembuatan puzzle ini adalah :
1.      Mengetahui permainan edukatif berupa puzzle dapat meningkatkan daya pikir anak.
2.      Menyempurnakan suatu desain dalam pemprograman puzzle.



1.4 METODE PENELITIAN
Dalam situs ini penulis menggunakan metode pengembangan dalam tahapan perancangan seperti:
-          Mengembangkan dan kecerdasan ,untuk mempermudah memberi informasi kesenangan, maupun mengembangkan Imajinasi pada anak.
-          Merancang Puzzle yang akan dibuat sesuai yang diingikan dan dibutuhkan.
-          Membuat Puzzle sesuai dengan desain perencanaan yang telah dibuat.
-          Hasil Pembuatan Puzzle yang diujicoba kemudian di analisa untuk membuat perbaikan pembuatan Puzzle.

1.5 SISTEMATIKA TULISAN ILMIAH
 Sistematika pembuatan puzzle ini direncanakan sebagai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang pendahuluan yang terdiri dari latar belakang, perumusan masalah,        batasan masalah, tujuan, metode penelitian, serta sistematika dari pembuatan puzzle.

BAB II : LANDASAN TEORI
Bab ini dengan teori yang menjelaskan tentang teori-teori yang mendukung dan berhubungan dengan penulisan ilmiah ini.

BAB III : ANALISA DAN PERANCANGAN
Bab ini membahas tentang pembuatan game edukasi sederhana berisikan pengetahuan yang terdiri penampilan atau interface, gambar dan objek serta implementasi action script yang digunakan.

BAB IV : PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran dari pengujiancobaan puzzle tersebut.